December 14, 2010

Pay It Forward = Shadaqah?

Pinjam pengertian dari Wikipedia.org :
The expression "pay it forward" is used to describe the concept of asking that a good turn be repaid by having it done to others instead.

Istilah ini terus terngiang di kepala saya, mungkin dalam Islam inilah yang disebut Shadaqah. Tidak hanya dalam bentuk uang, tapi dalam segala bentuk kebaikan, misalnya, sapaan, pertolongan atau bantuan kecil, atau hanya seulas senyum sekalipun. Tapi harus berhati-hati, jangan sampai terjebak dalam Euforia kebaikan, sehingga timbul kesempatan buat Syaiton yang terkutuk menanam penyakit hati yang dinamakan "Riya". bukan neng Ria, tapi Riya, pake "Y"!.

Mungkin disitulah letak ujiannya, ujian "ikhlas" versus "Riya". Karena begitu kita sukses melakukannya dimata Allah, Ia akan memberikan "Reward" yang berlipat ganda. Tidak seperti bonus perusahaan atas prestasi kita menjual produk, tapi jaaauh lebih besar dari itu. Bahkan salah satu Da'i kondang di Indonesia, rajin menyampaikan manfaat Shadaqah kepada jama'ah pengajiannya, saking DAHSYAT-nya manfaat shadaqah ini.

Maka itu, IQRA! BACALAH AL-QUR'AN ! (mengingatkan diri sendiri juga :p)

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...