October 13, 2019

Kenapa orang meninggal karena asam lambung (GERD atau Maag)



Designed by brgfx / Freepik


DR. Imam Susilo :
Kenapa orang meninggal karena asam lambung..? 

GERD atau MAAG

Apa itu Gerd? (Gastroesofagal Refluks)

Orang bisa meninggal mendadakAkibat GERD 
· Jika Asam Lambung naik ke dada maka akan terasa panas seperti terbakar.
· Jika naik ke area jantung, maka ritme detak jantung terganggu sehingga berdebar dan mendadak berhenti.
· Jika Asam Lambung naik ke area Paru-paru akan mengganggu fungsi Paru sehingga akan sesak nafas.
· Jika Asam Lambung naik ke THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga) maka akan sering radang sakit untuk menelan.
· Jika hidung sering kena asam lambung bisa sinusitis dengan gejala seperti flu yang tak sembuh-sembuh
· Jika merembes ke telinga, pendengaran jadi berkurang.
· Namun Mata pun bisa kena dampak berupa penglihatan kabur

Untuk Maag kronis, banyak organ jadi terganggu fungsinya penderita maag terbanyak adalah golongan darah O, umumnya tidak direkomendasikan untuk jadi vegetarian.
Kesalahan terbesar para penderita maag adalah langsung minum obat maag supaya bisa makan. Hal ini adalah tindakan yang salah. Yang penting jangan makan dulu supaya lambung bisa istirahat. Ambillah sejumput garam kemudian hisap perlahan.
Supaya dalam hitungan menit lambung akan nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada garam

Mereka fikir, asam lambung akan hilang saat diberi makan/ minuman manis dengan berlalunya waktu. Padahal, asam lambung bersifat korosif, yang membantu proses pencernaan, tapi sangatlah merusak jika berlebihan.

SEGERA netralisir asam lambung dengan menghisap garam.

Banyak penderita sakit maag itu berfikir disebabkan karena :
Telat makan, minum kopi, makan asam, makan pedas, makan beras ketan, makan bersantan.

Ternyata, bukan.Itu hanya penyebab sekunder.Penyebab utama sakit maag yang terbanyak adalah justru stress dan kurang gerak. Stress menduduki tempat paling utama penyebab tukak lambung. Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat saat stress dibanding saat telat makan. Apabila kurang gerak, gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung lemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk. Misalnya, habis makan langsung tiduran, membuat usus tidak mencerna dengan baik.Karena makanan tersebut kurang dilumat dengan baik. Oleh karena itu, untuk mencegah Maag kambuh sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering. 

Bila keluhan maag dengan rasa terbakar ulu hati hingga ke Leher dan pangkal lidah, mulut pahit, Gigi mudah berlubang, serta bau mulut, Mungkin anda mengalami GERD (Gastroesofagal Refluks) yaitu maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik asam lambung, menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

mereka yang sakit maag mengira bahwa makan sayur dan buah bisa mengurangi gejala sakit maag. Ini salah besar. Konsumsi daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit maag. karena daging lebih lama proses cernanya daripada sayur atau buah, sehingga asam lambung bekerja maksimal menghancurkan daging yang anda makan.

Sakit maag karena bakteri helicobacterpylori
sakit maag karena serangan bakteri, jika parah perlu penanganan medis khusus.

Coba test sendiri. Jangan sikat gigi sebelum tidur, besoknya jika maag anda kambuh mungkin karena bakteri helicobacterpylori yang sebenarnya penting untuk proses pencernaan.

Untuk maag jenis ini, obatnya mudah, rajin-rajinlah sikat gigi sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan. 

Sakit maag tidak bisa sembuh seumur hidup karena maag itu bukan penyakit, tapi mekanisme alami tubuh.Seperti halnya makanan diproses dan dibuang oleh anus, demikian pula asam lambung itu wajar adanya, berperan penting bagi proses pencernaan.Karena itu, sesekali akan muncul yang namanya tukak lambung. Jaga untuk tidak berlebihan dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang parah jika tidak dikelola dengan baik, maka bisa melumpuhkan

Sumber : Broadcast WA dan melalui proses edit

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...