July 15, 2020

Manfaat Eucalyptus (Kayu Putih)

Designed by Freepik
Manfaat kesehatan Eucalyptus 

Eucalyptus adalah tanaman hijau asli Australia yang tumbuhnya cepat. Sebagai bahan dasar berbagai jenis produk, Eucalyptus dapat mengurangi gejala Batuk, pilek, dan hidung mampet. Dibuat dalam bentuk cream, dan salep juga untuk mengurangi nyeri otot dan sakit persendian. 
Minyak dari eucalyptus sendiri digunakan sebagai antiseptik, pewangi dan bahan dasar kosmetik, perencah dalam produk perawatan gigi dan pelarut industrial. 
Cina, Ayurveda India, Yunani dan pengobatan bergaya eropa telah menggunakannya dalam rangkaian perawatan selama beribu-ribu tahun. 
Sekitar 400 spesies Eucalytpus, diantaranya Eucalyptus globulus atau dikenal dengan nama Blue Gum, merupakan sumber utama minyak eucaliptus yang digunakan secara global. 
Minyaknya di ekstraksi melalui proses penyulingan daun, dan menghasilkan cairan tidak berwarna, dengan aroma kayu yang manis dan kuat. Mengandung 1,8-cineole, atau dikenal dengan istilah eucalyptol. 
Daun eucalyptus juga mengandung flavonoids atau antioksidan berbahan tanaman, dan tannins yang dapat mengurangi peradangan. 
Manfaat kesehatan dan penggunaan eucalyptus
Dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, meskipun belum dikonfirmasi oleh para peneliti, dibawah ini adalah beberapa potensi manfaat kesehatannya : 

1. Kandungan Antimicrobial 

Hal yang menarik adalah di akhir abad ke – 19, minyak eucalyptus digunakan dibanyak rumah sakit di inggris untuk membersihkan urinary catheters. Penelitian modern saat ini mulai membenarkan praktek tersebut. 
Bulan februari 2016, peneliti serbia menemukan bukti yang dapat membenarkan khasiat antimicrobial dari eucalyptus ini. 
Mereka menyimpulkan, interaksi positif antara minyak esensial E. camaldulensis (yang berasal dari keluarga pohon eucalyptus) dan antibiotik dapat mengarah pada pengembangan metode perawatan infeksi tertentu. 
Mereka berharap, kandungan ini akhirnya bisa mengurangi kebutuhan akan antibiotik. 
Penelitian yang diterbitkan mengenai Clinical Microbiology & Infection, menyebutkan bahwa eucalyptus oil kemungkinan memiliki efek antibakteria patogenik untuk saluran nafas atas, termasuk Haemophilus influenza, bakteri yang bertanggungjawab atas berbagai infeksi dan serangkaian streptococcus.


2. Masalah pilek dan pernafasan 
Eucalyptus digunakan dalam berbagai persiapan untuk meredakan gejala pilek, contohnya pereda batuk dan pelega pernafasan.
Obat-obatan herbal menyarankan berkumur menggunakan daun segar untuk melegakan tenggorokan, sinus, dan bronchitis. Selain itu, uap dari eucalyptus oil berfungsi sebagai dekongestan saat dihirup. ini merupakan obat rumahan yang populer untuk pilek dan bronchitis. 
Selain itu, berfungsi sebagai ekspektoran, untuk mengeluarkan dahak dan sumbatannya. Berbagai jenis obat batuk menggunakan eucalyptus oil termasuk Vicks VapoRub.
Peneliti akan melanjutkan penelitian untuk memastikan fungsi terapi ekstrak daun eucalyptus dalam perawatan infeksi saluran pernafasan. 


3. Eucalyptus dan perawatan gigi
Potensi antimocrobial dan antibacterial dari eucalyptus telah digunakan dalam beberapa moutwash dan perawatan gigi. 
Untuk mempromosikan kesehatan gigi, eucalyptus sangat aktif dalam melawan bakteri penyebab pembusukan gigi dan infeksi gusi. 
Penelitian Journal of Periodontology juga menggunakan extrak eucalyptus dalam permen karet untuk kesehatan gusi. 


4. Infeksi jamur dan luka kulit
Pusat The University of Maryland Medical (UMM) menggambarkan bahwa pengobatan tradisional aborigin menggunakan eucalyptus untuk merawat infeksi jamur dan luka pada kulit. 


5. Pengusir serangga
Eucalyptus efektif untuk mengusir serangka dan sebagai insektisida. Tahun 1948, Amerika Serikat secara resmi mendaftarkan minyak eucalyptus sebagai insektisida dan mitisida untuk membunuh tungau dan caplak (kutu babi).
Minyak dari lemon eucalyptus disarankan sebagai pengusir serangga dan efektif untuk mengusir nyamuk.
Tahun 20212, peneliti dari New Delhi, India, menemukan bahwa minyak E. globulus, aktif melawan larva dan pupa lalat, dan layak digunakan sebagai produk eco-friendly pengendalian lalat. 


6. Pereda nyeri 
Ekstrak Euclyptus berfungsi sebagai pereda nyeri. Para peneliti mengindikasikan bahwa minyaknya mungkin memiliki kandungan analgesic. Dalam The American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation, peneliti memanfaatkan Eucalyptamint pada kulit 10 orang di lengan bawah bagian depan. 
Eucalyptamint di toko obat generic biasa disebut methyl salicylate topical, digunakan untuk nyeri otot dan sendi, dan bermanfaat juga untuk pemanasan pasif para atlit olahraga. 


7. Menstimulasi sistem imun
BMC Immunology menemukan bahwa minyak eucalyptus merangsang respon sistem imunitas. Khususnya peningkatan respon fagosit pada tikus percobaan. Fagositosis adalah proses dimana sistem imun memakan dan menghancurkan partikel asing. 
Kondisi lain yang dapat menggunakan eucalyptus antara lain : 
- Arthrisis – khususnya kandungan anti inflamasi 
- Hidung tersumbat 
- Luka dan luka bakar 
- Bisul 
- Sariawan – kandungan anti inflamasi 
- Penyakit kandung kemih 
- Diabeter
- Demam 
- Flu. 

Tindakan pencegahan dan efek samping : 

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...