Hari pertama bekerja bisa menjadi momen yang sangat mendebarkan, sekaligus juga menyenangkan. untuk melewatinya dengan sukses, harus dilakukan persiapan yang matang, agar bisa memberikan kesan pertama yang positif.
berikut ada 10 tips praktis untuk membantu kamu tampil pe-de dan terkesan profesional :
berikut ada 10 tips praktis untuk membantu kamu tampil pe-de dan terkesan profesional :
1. Siap-siap dari malam sebelumnya
Jangan menunggu hingga pagi hari untuk siap-siap. pakaian kerja, tas, dokumen penting, serta alat tulis harus sudah kamu siapin dari malam sebelumnya. Supaya kamu yakin tidak ada yang tertinggal, dan gak perlu ada drama pas persiapan pagi.
✅ Tips: malam sebelumnya, kenakan dulu pakaian untuk esok, supaya kamu yakin itu pilihan yang paling pas yang bikin kamu nyaman dan pe-de.
2. Pilih pakaian profesional yang nyaman
Penampilan seringkali menjadi penentu kesan pertama. hindari pakaian yang terlalu mencolok misal modelnya jangan yang terbuka, atau terlalu santai. Warna pakaian nya pun pilih yang netral seperti beige, navy, atau abu-abu yang akan bikin kamu terlihat tenang dan profesional.
Penampilan seringkali menjadi penentu kesan pertama. hindari pakaian yang terlalu mencolok misal modelnya jangan yang terbuka, atau terlalu santai. Warna pakaian nya pun pilih yang netral seperti beige, navy, atau abu-abu yang akan bikin kamu terlihat tenang dan profesional.
✅ Tips: kalo perlu, search dulu di google dengan keyword, “outfit wanita kantor”, “dresscode profesional wanita”.
3. Datang 15–20 Menit lebih awal
Datang 15-20 menit lebih awal akan menunjukkan kamu disiplin, antusias dan menghargai waktu. Selain itu, kamu bakal punya kesempatan untuk menenagkan diri dulu, merapikan pakaian dan melihat-lihat sekeliling ruangan kantor baru.
4. Senyum, salam, sapa.
Senyum yang tulus dan ramah bikin kamu mudah di ajak bicara. Saat bertemu teman kerja baru, perkenalkan diri dengan sopan dan jabat tangan mereka. Hangat namun tetap profesional.
5. Bawa Buku Catatan (Jangan Hanya HP saja)
Walaupun kita hidup di era digital, membawa buku catatan fisik dan ballpoint akan menunjukkan keseriusan kamu, kesiapan untuk belajar dan proaktif. Akan terkesan berbeda jika kamu hanya memegang HP saja akan membuatmu terlihat asik sendiri dan acuh.
✅ Tips: hafalkan dan catat nama-nama teman kerja baru dan jabatan mereka, supaya kamu tidak perlu tanya kanan kiri lagi.
6. Observasi Dulu, Berkomentar Belakangan
Hari pertama adalah waktu untuk mendengar dan mengamati, Jangan nge-judge, bahkan mengkritik sistem kerja yang ada. Perhatikan budaya kantor, gaya komunikasi teman-teman kamu, dan ritme kerja sebelum Kamu mulai memberikan pendapat.
7. Body language (bahasa tubuh)
Duduklah dengan tegak dan sopan, sesekali kontak mata saat berbicara dengan seseorang, jangan terlalu sering melihat ponsel.
8. Buat obrolan ringan dengan teman-teman
Buat obrolan ringan seputar rutinitas kantor untuk mencairkan suasana dan mendekatkan diri dengan santai tanpa mengganggu. Misalnya, “Mbak atau Ka, atau Bu, biasanya makan siang jam berapa ya? biasanya makan siang dimana ?
9. Jangan langsung ingin ‘Disukai Semua Orang’
Fokus utama Kamu di hari pertama adalah beradaptasi dengan lingkungan dan memahami tugas-tugas awal. Kamu disukai atau tidak, akan terbentuk secara alami seiring berjalannya waktu.
10. Pulang dengan Ringan Hati, Lakukan Refleksi
Setelah hari pertama selesai, lakukan refleksi diri, bukan overthinking ya, tapi me review apa yang sudah berjalan baik dan apa yang mungkin bisa diperbaiki untuk keesokan harinya. Supaya besoknya bisa lebih baik.
Nah, semoga lancar ya! Yang mau share pengalaman hari pertama kerja, jangan ragu tulis di komentar ya!

No comments:
Post a Comment