July 11, 2013

Anak Gemuk Sering Dipuji Lucu, Saat Dewasa Bakal Sulit Kurus

Liputan6.com, Jakarta : Berhati-hatilah jika Anda keseringan memuji lucu pada anak kecil yang gemuk. Jika gemuknya berlanjut hingga dewasa, ia bisa jadi sulit melangsingkan badannya.

Semua itu terjadi karena pikiran bawah sadarnya menyerap pernyataan, dengan menjadi gemuk ia akan dianggap lucu oleh semua orang. Sehingga jika ia pontang-panting melansingkan badan, yang terjadi, berat badan turun naik alias Yoyo Sindrom.

"Kalau sudah diet, sudah olahraga, bahkan pakai obat tapi kok berat badan nggak turun-turun. Itu mungkin karena blocking pikiran," kata Hipnoterapis Klinis Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT, di SCTV Tower, Jakarta, dan ditulis Kamis (11/7/2013).

Widya menjelaskan, seseorang yang mengalami Yoyo Sindrom itu kemungkinan sewaktu kecil ia adalah anak yang gemuk, chubby sehingga banyak dipuji lucu dan sehat.

"Apalagi sekarang banyak orangtua yang sedih kalau anaknya langsing, jadi digemukkan. Karena ibunya merasa gagal kalau anaknya langsing. Kalau anak kecil dipuji, nyaman, happy, senang menjadi perhatian, alam bawah sadarnya mengatakan `Kalau aku langsing, aku tidak dipuji lagi'," jelas Widya.

Jadi, menurutnya, obesitas tak selalu karena pola hidup. Jika alam bawah sadar sudah memprogram gemuk itu lucu, minum pun membuat orang itu bisa gemuk.

(Mel/*)

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...