August 12, 2020

Menarik, fakta dibalik NIK di Kartu Tanda Penduduk (KTP)

illustration image 

Ahjumma tertarik dengan berita di cnnindonesia.com, bahwa NIK atau Nomor Induk Kependudukan di KTP kita adalah serangkaian kode unik yang sangat kita butuhkan untuk mendaftar pekerjaan, menikah, dll. 

Agar segala urusan lancar, kita bisa memeriksa kevalidan nomor NIK pada KTP ke pihak dikcakpil kemendagri, melalui sms, whatsapp, Facebook, dan twitter, atau juga menggunakan fasilitas call center, melalui e-mail dan langsung cek melalui website-nya. 

Sejauh ini, Ahjumma baru coba cek melalui website, dan belum menemukan menu e-KTP untuk dapat melakukan proses pengecekan NIK. siapa tau anda bisa ? yang menarik adalah serangkaian kode NIK itu ada artinya loh : 
  • Dua angka pertama dari depan adalah kode provinsi 
  • Dua angka kedua adalah kode kota/kabupaten 
  • Dua angka ketiga adalah kode kecamatan 
  • Dua angka keempat adalah kode tanggal lahir 
  • Dua angka kelima adalah bulan lahir 
  • Dua angka keenam adalah tahun lahir 
  • Empat angka di buntut adalah nomor komputerisasi 
cnnindonesia.com mencontohkan seorang perempuan lahir di di Kota Bandung tanggal 27 Desember 1996 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 271296 0001. 

Anda sudah cocokkan dengan NIK KTP anda ? Berarti hanya dari nomor NIK saja, kita bisa mengetahui asal kota dan tanggal lahir seseorang ya. 

Dengan kata lain, kita harus berhati-hati dalam membagikan nomor NIK ini, karena ternyata, memuat informasi yang bisa disalahgunakan ya. 

 So, sampai jumpa lagi dan tetap berbahagia

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...