August 13, 2020

Pentingnya Mendelegasikan Pekerjaan

Pentingnya Mendelegasikan Pekerjaan 

Mendelegasikan pekerjaan, bukan berarti menyerahkan semua pekerjaan kepada bawahan kita, tetapi hanya menyerahkan tugas-tugas yang sifatnya rutin dan sehari-hari, dengan tetap memegang otoritas ada di tangan si pendelegasi, yaitu pengambilan keputusan. 

Fokus delegator atau pimpinan adalah pada unsur-unsur strategis dan pengembangan perusahaan. Untuk skala yang lebih ekcil, msailnya di bagian keuangan, pemimpin hanya menerima informasi hasil analisa bawahannya dan dilakukan evaluasi. Kalo di perusahaan tersebut pencapaian targetnya menggunakan Key Performance Indocator (KPI) maka pemimpin hanya fokus pada strategi mencapai KPI tersebut, dan bagaimana mengkoordinir bawahannya untuk dapat mengeksekusi strategi yang diturunkan atasannya. 

delegasi pekerjaan juga bisa meningkatkan awareness / kesadaran bawahan akan pentingnya suatu unsur dalam pekerjaan. misalnya tahun ini titik berat keuangan adalah kecepatan dan ketepatan waktu laporan keuangan, akan menjadi fokus utama bersama antara pemimpin dan bawahannya selama tahun berjalan. 

ada istilah "one man show", dimana seseorang meskipun memiliki bawahan, tetapi tidak memanfaatkan skill bawahannya, dan melakukan semuanya sendiri. hal ini tentu saja sangat melelahkan, terlepas dari ambisi atau tujuan seseorang melakukan one man show, apakah ia memang tidak mampu mengelola SDM dibawahnya, atau memang dikondisikan tidak punya bawahan, atau punya ambisi pribadi yang hanya dia sendiri yang tahu. 

one man show, tidak dapat memberikan kaderisasi kepada bawahannya, artinya SDM yang ada dibawah seorang one man show, tidak memiliki peran apapun dalam bagian/group/divisi nya. dan bisa dibilang memberikan kesempatan bawahannya utk "makan gaji buta". 

Bagi bawahan seorang one man show, kemungkinan sudah waktunya memikirkan untuk mengambil cuti kuliah, atau mempertimbangkan untuk pindah ke divisi lain, karena sangat kecil kemungkinan untuk bisa mengembangkan skill, atau pengembangan diri lainnya. 

Oleh karena itu, penting bagi seorang pimpinan yang baru diangkat untuk mendapatkan coaching atau bimbingan sebelum menduduki jabatan untuk dapat menyiapkan suksesi / kaderisasi, yang salah satu caranya adalah dengan mendelegasikan tugas kepada bawahannya. 

yah, demikian selayang pandang Ahjumma dalam hal delegasi pekerjaan. Bagi yang kompetensinya di bidang SDM, boleh share komentarnya yaa..

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...