July 25, 2023

[Inspirasi] Tips Mengelola Waktu & Energi untuk Bisnis, Belajar, dan Keluarga ala Dr. Indrawan Nugroho

Tips Mengelola Waktu dan Energi untuk Bisnis dan Keluarga 

Ada yang belum kenal Dr. Indrawan Nugroho ? ini dia profilnya.

"Beliau merupakan CEO sekaligus founder Corporate Innovation Asia (CIAS). CIAS sendiri merupakan perusahaan yang bergerak untuk bidang jasa jasa konsultasi inovasi. Nantinya mereka akan membantu perusahaan atau sekelompok orang yang ingin merancang dan mengembangkan inovasi baru. 

Sehingga kinerja perusahaan terkait bakalan berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Tentunya kamu tahu kalau saat ini peluang untuk berwirausaha atau berbisnis memang cukup besar namun nggak semua orang mengerti tentang apa saja hal yang perlu disiapkan dan dikembangkan. Jelas saja keberadaan perusahaan ini sangat penting di masyarakat. 

Indrawan Nugroho lahir pada pada tanggal 8 November 1976 di Jakarta. Dr Indrawan ini lebih sering dipanggil dengan nama Mas Indra. Beliau sekarang berumur sekitar 46 tahunan dan sudah memiliki empat orang anak dan istri yang bernama Nina Septiana. Selain memiliki jiwa yang inovatif, beliau merupakan seseorang yang hangat dan penyayang dengan keluarganya. 

Indrawan Nugroho merupakan orang yang tertarik dalam bidang psikologi sehingga mempengaruhi mindset yang dimilikinya. Beliau sangat percaya mengenai pengembangan diri dan titik kesuksesan maupun kegagalan seseorang sehingga beliau memiliki motivasi tinggi dalam mengembangkan inovasi. Beliau percaya bahwa semua orang punya jatah sukses dan gagalnya masing-masing."

- Dikutip dari Blibli.com -

Dalam channel youtube-nya, Dr. Indrawan Nugroho membagi tips untuk mengelola waktu, aktivitas dan energi, sehingga bisa untuk memulai bisnis, belajar mengajar dan tetap memiliki waktu untuk keluarga. 

Cara mengelola waktu dan energi agar bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang terbatas sangatlah pribadi dan setiap orang memiliki caranya sendiri, dan itu baik. Simak caranya menurut Dr. Indrawan. 

Mengetahui batasan diri 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi apa yang disukai dan tidak disukai untuk mengetahui batasan-batasan diri. Selanjutnya, tentukan prioritas dalam hidup dan pekerjaan, serta pahami kekuatan yang bisa digunakan untuk mencapai prioritas tersebut. Misalnya, bagi Dr. Indrawan, prioritas utamanya adalah memastikan bisnisnya berkembang dan ia juga ingin terus tumbuh secara pribadi. Selain itu, ia sangat menghargai quality time dengan keluarga, bukan hanya kualitas tetapi juga kuantitas waktu bersama.

Identifikasi kelebihan dan kelemahan pribadi

Selain itu, penting untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan pribadi agar bisa membuat perencanaan dan strategi yang tepat. Tidak perlu mencoba melakukan semua sendiri karena manusia memiliki batasan dan bisa mengalami kelelahan atau breakdown jika terlalu memaksakan diri. Jika ada hal yang tidak disukai atau tidak memiliki kemampuan dalam melakukannya, lebih baik delegasikan tugas tersebut kepada orang lain yang bisa membantu.

Investasikan waktu dan sumber daya untuk mebangun Tim 

Membangun Tim baik di kantor maupun di rumah, akan membantu melaksanakan tugas-tugas yang tidak sesuai dengan fokus utama, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Terakhir, bangun sistem yang baik untuk menjaga efisiensi dan ketertiban dalam melaksanakan tugas-tugas. Sistem ini akan membantu semua anggota tim menjalankan peran mereka dengan baik, baik di rumah maupun di kantor, sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Dalam mengelola waktu dan energi, prioritas masing-masing individu berbeda-beda. Yang terpenting adalah mencari cara yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pribadi. Tetaplah bersyukur dan berdoa agar dapat mengelola aktivitas, waktu, dan energi dengan sebaik-baiknya dan menikmati kehidupan sekarang tanpa perlu menunda-nunda.

Sumber : Channel youtube Dr. Indrawan Nugroho 

#PengelolaanWaktu #Efisiensi #Produktivitas #Bisnis #Belajar #Keluarga #QualityTime #Prioritas #Strategi #Tim #PengembanganDiri

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...