May 25, 2023

Dengerin apa kata kalkulator IMT (Index Masa Tubuh)

Freepik
Setelah ku timbang, berat badanku naik, tapi kata temen2berat segitu normal kok. Jadi penasaran sebenernya mengukur berat badan yang sehat itu seperti apa sih.. 

Ada yang dinamakan kalkulator IMT, (Index Masa Tubuh), atau dalam bahasa inggrisnya BMI (Body Mass Index) . Kayak gimana tuh ? 

Kalkulator Indeks Masa Tubuh (Body Mass Index atau BMI) adalah alat yang digunakan untuk mengevaluasi proporsi berat badan seseorang berdasarkan tinggi dan berat badan mereka. BMI digunakan secara luas sebagai metode yang sederhana dan cepat untuk menentukan apakah seseorang berada dalam kisaran berat badan yang sehat, berisiko kelebihan berat badan, atau berisiko kekurangan berat badan.

Contoh penggunaan kalkulator BMI:

Misalkan seseorang memiliki tinggi 1,70 meter dan berat badan 65 kilogram. Untuk menghitung BMI mereka, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Kuadratkan tinggi badan dalam meter: 1,70 x 1,70 = 2,89.
Bagi berat badan dengan hasil perhitungan langkah sebelumnya: 65 / 2,89 = 22,5.
Hasil dari perhitungan tersebut adalah 22,5. Ini adalah nilai BMI individu tersebut.

Referensi kisaran BMI:

Setelah menghitung BMI, penting untuk membandingkan nilai tersebut dengan kisaran referensi yang umum digunakan. Berikut adalah kategori referensi BMI yang sering digunakan:

BMI kurang dari 18,5: Berat badan kurang. Contoh: BMI 17,5.
BMI antara 18,5 dan 24,9: Berat badan normal. Contoh: BMI 22,0.
BMI antara 25,0 dan 29,9: Kelebihan berat badan. Contoh: BMI 27,3.
BMI antara 30,0 dan 34,9: Obesitas tingkat I. Contoh: BMI 32,7.
BMI antara 35,0 dan 39,9: Obesitas tingkat II.Contoh: BMI 37,2.
BMI 40 atau lebih: Obesitas tingkat III (obesitas berat). Contoh: BMI 42,8.

Dalam menginterpretasikan hasil BMI, penting untuk diingat bahwa BMI hanya merupakan perkiraan kasar dan tidak mempertimbangkan faktor-faktor seperti komposisi tubuh individu (misalnya, lemak tubuh versus massa otot). Selain itu, faktor-faktor seperti umur, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi penilaian berat badan yang sehat.

Jadi, sementara BMI dapat memberikan gambaran umum tentang status berat badan seseorang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk evaluasi lebih lanjut dan rekomendasi yang lebih tepat terkait kesehatan dan komposisi tubuh Anda.

atau bisa kamu coba kalkulator BMI online di halodoc 

atau pakai chart berikut : ddari wikimedia.org tinggal cocokin berat badan dan tinggi badan kita ketemu nya di titik mana. kalo yang normal itu di area warna hijau. 



No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...