July 21, 2020

10 Tips adaptasi di jabatan baru

Designed by drobotdean / Freepik
10 Tips adaptasi di jabatan baru


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang pegawai adalah kemampuan beradaptasi pada perubahan. Dalam kondisi ekonomi saat ini, orang dengan mudah berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Kita setuju bahwa pegawai tidak memiliki peran tertentu selamanya. Dan salah satu tantangannya adalah menangani situasi yang belum pernah dialami sebelumnya. Untuk menangani perubahan di tempat kerja, berikut tips nya : 

1. Mempertahankan sikap positif. 

Anda akan selalu optimis dan mempertahankan sikap yang baik, apapun yang perusahaan/departemen/group anda sedang jalankan. Bisa saja situasi baru anda tidak sesuai harapan, tetapi situasi anda sebelunya juga mungkin sama. Pikirkan bagaimana anda bisa meningkatkan keahlian, pengalaman dan network untuk memaksimalkan jabatan/tugas anda. Jika sikap anda negatif, kemungkinan manager /rekan kerja baru anda akan menyadarinya dan tidak akan mau bekerja dengan anda. 

2. Menyadari bahwa perubahan itu konstan (selalu ada). 

Orang yang telah berganti-ganti pekerjaan dalam hidupnya dan perusahaan memindahkan pegawainya dari satu jabatan ke jabatan lainnya sesuai kebutuhan. Anda akan mengalami perubahan itu, apakah anda suka atau tidak, anda harus menerima kenyataan. Sisi baiknya adalah perubahan itu dapat mencegah anda merasa bosan dengan pekerjaan anda saat ini, dan menantang anda untuk pekerja pada proyek yang belum pernah anda kerjakan sebelumnya. 

3. Tetap berhubungan dengan rekan kerja lama 

Jangan lupakan rekan kerja lama anda karena akan menjadi sangat penting di pekerjaan anda saat ini. Mereka bisa membantu anda di proyek saat ini. Mereka bisa menjadi jalan untuk kembali ke group anda sebelumnya, atau group lain dalam perusahaan yg sama, atau bahkan perusahaan lain. 

4. Berkomunikasi dengan pegawai lain untuk mempelajari pekerjaan anda saat ini 

Setelah pindah ke pekerjaan baru, anda akan segera mendapatkan stakeholder yang bisa diandalkan saat ini. Temukan mereka yang sudah pernah ada di posisi anda. Dan mintalah mereka mengajari apa yang ingin anda pelajari agar anda bisa lebih cepat menyelesaikannya. Pandai bertanya, akan mempermudah pekerjaan anda. Jika menunggu terlalu lama, maka kinerja anda akan keburu menurun dan orang-orang akan menyadari itu. 

5. Tetap optimis meskipun saat ini anda tidak suka 

Terlepas dari anda menyukai pekerjaan anda atau tidak, anda harus berusaha keras. Siapa tahu dalam 1 atau 2 tahun, banyak hal yang bisa anda dapatkan. Bisa saja anda akan pindah lagi. Pikirkan saja tugas-tugas yang anda sukai dan anda akan berusaha maksimal untuk meningkatkan kinerja. 

6. Hargai diri sendiri 

Ambillah waktu untuk bersantai, pikirkan tentang pencapaian dan goal anda di posisi saat ini. Pikirkan keahlian apa yang perlu anda dapatkan, siapa yang perlu anda temui untuk menilai situasi anda. Bicarakan dengan manager supaya mereka mengetahui bahwa anda ingin keluar dari posisi saat ini dan menentukan target yang akan anda capai. 

7. Pelajari keahlian baru 

Tentunya anda terpaksa mempelajari keahlian baru berdasarkan type pekerjaan anda saat ini. Buatlah daftar keahlian yang dibutuhkan untuk posisi baru dan investasikan waktu setiap minggu untuk mengembangkan keahlian tsb. Tentukan target kapan anda akan emnguasinya sehingga anda akan cepat menjadi expert dan tentunya meningkatkan nilai jual anda. 

8. Tetap Jaga Komunikasi
Apakah anda bekerja di kantor atau di luar kantor, sudah tentu tetap berkomunikasi dengan kolega anda. Mereka perlu tahu anda bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan, dan anda selalu dapat dihubungi (eksis). Saat anda mengirim e-mail, atau dalam pertemuan, pastikan melakukan klarifikasi bahwa anda dan rekan anda sudah sama-sama faham. 

9. Bertanya dan bertanya terus 

Tidak ada pertanyaan yang buruk. Kecuali anda menanyakan hal yang sudah berulang kali dijelaskan. Tulislah pertanyaan anda dan jawaban yang sudah diperoleh. Dengan ini, anda memang memperhatikan apa yang rekan anda sampaikan. Menyampaikan pertanyaan akan membantu mengembangkan diri anda dalam posisi saat ini. 

10. Carilah cara untuk membantu orang lain menghadapi perubahan. 

Cara terbaik untuk bertahan dalam posisi anda saat ini adalah dengan membantu orang lain yang ada dalam posisi yang sama. Dengan begini, anda akan merasa nyaman karena menyadari bahwa orang lain pun mengalami hal yang sama. Bahkan, siapa tahu orang yang anda bantu akan balik membantu anda. 

diterjemahkan secara bebas dari quickbase.com










No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...