July 25, 2020

Cara mengembangkan sikap positif (improving your attitude)

Designed by cookie_studio / Freepik

Cara mengembangkan sikap positif (improving your attitude)

Dikutip bebas dari strategez.com

Salah satu cara tercepat untuk meningkatkan sikap adalah dengan berpikir positif.
Hilangkan anggapan bahwa sikap positif muncul secara alami, karena itu membutuhkan usaha.

Jika sikap adalah akibat dari kebiasaan, maka kebiasaan dapat diperoleh atau diubah. Mulailah hari Anda dengan kata-kata :
“Sikap apa yang saya pilih hari ini? Bagaimana saya menanggapi masalah hari ini terserah saya. Saya memilih untuk mempertahankan sikap positif sepanjang hari terlepas dari tantangan yang saya hadapi di hadapan saya. ”
Anda dapat memilih kata-kata Anda sendiri. Apa yang Anda lakukan menegaskan bahwa Anda menjalani hari yang sukses jika Anda memulai hari dengan sikap dan pola pikir positif. Dengan mengartikulasikan seperti apa sikap Anda hari itu, Anda akan lebih cenderung untuk tetap positif.

Jika Anda terjatuh, jangan menyalahkan diri sendiri. Pertimbangkan bermain pelajaran tenis untuk pertama kalinya. Anda tidak bisa berharap menguasai forehand, overhead, latar belakang, dan lob dalam satu pelajaran. Seorang pegolf pemula tidak langsung menjadi pegolf. Anda tidak bisa turun 20 kg setelah 1 x diet makan dan Anda tidak bisa langsung mendapatkan kebugaran setelah 1 x berkunjung ke gym.
“Sikap tidak lebih dari kebiasaan berpikir yang bisa kita dapatkan. Suatu tindakan yang diulang menjadi kebiasaan yang disadari. ” - Paul Myer
Seperti kebiasaan baru lainnya, dibutuhkan waktu dan seperti senar gitar yang terus-menerus perlu disetel ulang, demikian juga sikap Anda.

Jangan menghukum diri Anda menjadi tumpukan kegagalan karena Anda tidak dapat mempertahankan sikap positif sepanjang hari. Setiap hari, evaluasi sikap anda dan tekadkan untuk membuat hari esok lebih baik jika Anda melakukan kesalahan. Lebih baik mencari teman yang juga ingin mengembangkan sikap mereka dan menjaga setiap akuntabel ke standar yang lebih tinggi.

Cara terbaik untuk menciptakan sikap positif adalah memecat orang-orang negatif dalam hidup Anda dan menghindari para penentang.

Kekuatan Sikap

Jangan pernah remehkan pentingnya menumbuhkan sikap positif. Juga jangan pernah meremehkan pentingnya menjaga sikap positif. Sikap positif menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi, jiwa Anda tetap hidup dan memungkinkan Anda untuk bersinar.

Kebanyakan orang berpikir kesuksesan berjalan dalam garis lurus dari titik A ke titik B. Kenyataannya adalah, bahwa perjalanan Anda dipenuhi dengan lubang dan jalan memutar di sepanjang jalan. Ini adalah sikap Anda yang memisahkan mereka yang sukses dan mereka yang tidak. 

Contohnya, Abraham Lincoln.
  • Dia gagal dalam bisnis pada tahun 1831, 
  • Dia dikalahkan di Legislatif Negara pada tahun 1832.
  • Mencoba bisnis lain pada tahun 1833 yang juga gagal.
  • Dia mengalami gangguan saraf pada tahun 1836.
  • Dia mencalonkan diri untuk Kongres pada tahun 1843 dan dikalahkan.
  • Dia mencalonkan diri untuk Kongres pada tahun 1848 dan dikalahkan lagi.
  • Pada 1855 ia kalah dalam pemilihan Senat.
  • Dia berkampanye kembali untuk pemilihan senat pada tahun 1859 dan kalah lagi.
  • Pada tahun 1860 Abraham Lincoln terpilih sebagai Presiden ke-16 Amerika Serikat dan sisanya adalah sejarah. 

Apa yang membuatnya melalui begitu banyak kemunduran? Sikapnya.

"Satu-satunya yang berdiri di antara seseorang dengan apa yang mereka inginkan dalam hidup adalah keinginan untuk mencoba dan keyakinan bahwa itu mungkin." – Rich Devos

Kesimpulan

Sikap Anda menentukan tingkat keberhasilan dan kegagalan Anda. Kemampuan untuk menghadapi tantangan dengan sukses dan terus maju dalam kehidupan bermula dari memiliki sikap positif.

Sikap positif adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang positif. Sikap positif membantu Anda mengatasi tantangan sehari-hari yang anda hadapi. Sikap positif membantu menuntun Anda keluar dari masa-masa tergelap ketika Anda menghadapi kesulitan.

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...