July 24, 2020

Cara membaca buku di sela kesibukan

Designed by Freepik

Cara membaca buku di sela kesibukan

Kebanyakan orang sibuk di planet ini adalah pembaca yang antusias. Membaca mencetuskan kreatifitas, membantu anda tumbuh secara intelektual, memahami masalah kompleks, sekaligus sebagai bentuk relaksasi. Tapi bagaimana kita menyempatkan untuk membaca ? 

Banyak artikel mengatakan kita semakin kurang membaca. Penelitian tahun 2004 menemukan bahwa rata-rata buku dibaca di amerika per tahun adalah 12 buku. Jika ingin mengalahkan statistik menyedihkan ini, perbanyaklah baca bukku per tahun, sempatkan waktu dan teruslah membaca. 

Ada 11 tips diantaranya : 

1. Pinjamlah buku lebih banyak dari yang bisa anda baca

Jika anda suka meminjam buku dari perpustakaan, pinjamlah lebih dari yang bisa anda baca. Dengan adanya tumpukan buku di rumah anda yang harus segera dikembalikan, akan memicu anda untuk membaca melebihi dari yang anda rencanakan.

Jika anda senang membaca secara digital, pastikan mendownload e-book yang banyak, sehingga anda memiliki banyak pilihan e-book di ujung jari anda.

2. Sekali baca, bacalah lebih dari 1 buku 

Beberapa orang lebih menyukai membaca satu demi satu. Tapi ada juga yang beberapa buku sekaligus. Beberapa buku lebih cocok dibaca malam hari (seperti novel fiksi), sementara buku lain seperti analisis non-fiksi lebih cocok dibaca saat anda dalam perjalanan. 

3. Tentukan target dalam setiap sesi membaca

Jika tidak memiliki kebiasaan membaca sekaligus banyak, tetapkan target per sesi. Contohnya, 50 halaman, atau selesaikan per bab. Naikkan target anda setiap waktu. Membaca lebih banyak setiap hari akan meningkatkan jumlah buku yang anda baca setiap tahun. 

4. Abaikan apa yang “seharusnya” anda baca

Saat anda terinspirasi oleh buku yang anda suka, bacalah untuk anda sendiri. Bacalah untuk kesenangan dan pengetahuan anda. Membebani diri dengan membaca buku yang disarankan orang lain, tidak akan membawa anda terlalu jauh. Jika membaca buku yang anda suka, anda akan menyempatkan waktu untuk membacanya dikarenakan anda benar-benar menyukainya.

5. Latihan speed reading

Ide nya sederhana saja. Jika ingin membaca dalam waktu singkat, anda bisa ajari diri anda untuk membaca lebih cepat. Ada banyak eknik speed reading (membaca cepat). Teknik tersebut diantaranya membaca per kelompok kata bukannya membaca kata per kata. Memaksa mata anda untuk bergerak cepat mengikuti penggaris atau pulpen di setiap halaman buku akan meningkatkan keinginan untuk menyelesaikan sau paragraph secepatnya. (teknik ini mengurangi sub vokalisasi, karena kita cenderung “mendengar” kata-kata yang dibaca dalam pikiran kita.

6. Bacalah secara digital melalui handphone atau tablet anda

Jika senang membaca e-book (buku digital) pastikan terdapat aplikasi reader (aplikasi pembaca e-book) di gadget mobile anda. Sehingga bisa membaca setiap anda punya waktu. Bisa di sinkronisasikan dengan tablet atau smartphone. Dengan disinkronisasi, anda bisa mengakses bacaan anda dari semua gadget anda. 

7. Membaca sebelum tidur

Membaca buku fiksi atau non-fiksi di malam hari sebelum tidur, terbukti sebagai metode relaksasi. Tinggalkan kesibukan anda, siapkan untuk istirahat di malam hari. Bahkan di pagi haripun, anda bisa melakukan hal yang sama (relaksasi dengan membaca buku).

8. Bergabung dengan komunitas

Bergabungkan dengan komunitas online yang membaca buku yang sama, berdiskusi dan bertukar ide dengan mereka akan mempercepat progress membaca anda. Tentunya tidak ingin ketinggalan dari teman2 anda kan ? 

9. Monitor progress anda secara online

Beberapa website bisa melacak progress membaca dalam satu tahun. Misalnya goodreads.com merekap daftar bacaan yang saat ini anda baca, dan memantau progress anda membaca buku-buku tersebut. Anda bisa melihat buku apa yang ingin anda baca berikutnya dan melakukan review atas buku yang telah selesai dibaca. Banyak situs lain yang direkomendasikan berdasarkan buku yang telah anda baca. 

10. Hentikan membaca artikel berita secara acak 

Jika ingin menyempatkan waktu membaca buku, anda harus mengurangi membaca artikel di media sosial. Gantikan dengan menganalisa buku yang sedang anda baca. 

11. Mengikuti “reading challenge” 

Anda bisa mengikuti tantangan membaca dan menetapkan target untuk mebaca buku dalam satu tahun. Agar lebih tertantang, tetapkan target di atas kemampuan anda. Hal ini akan memotivasi untuk mencapai target. Anda akan terkesima mengetahu berapa banyak buku yang telah anda baca dalam setahun. 

Diterjemahkan secara bebas dari tulisan Eva Lantsoght/lifehack.org 

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...