July 25, 2020

4 Tipe Attitude (sikap)

Designed by Freepik

4 Tipe Attitude (sikap)


Menurut wikipedia 

Secara psikologi, attitude (sikap) adalah konstruksi psikologis, entitas mental dan emosional yang diwariskan, atau mencirikan seseorang. Sesuatu yang rumit, dan didapatkan melalui pengalaman. Merupakan kecenderungan pikiran seorang individu terhadap sebuah nilai dan dipicu oleh ekspresi responsif terhadap dirinya sendiri. Seseorang, tempat, benda atau peristiwa (objek sikap) yang pada gilirannya mempengaruhi pemikiran dan tindakan individu.

Terjemahan bebas dari stylesatlife

Attitude dikatakan mendefinisikan kepribadian manusia. Tentunya, ada yang baik dan buruk. Menurut Winston Churchill, Attitude (sikap) adalah hal kecil yang membuat perbedaan besar. Jika anda ingin memperbaiki diri, perhatikanlah attitude (sikap) anda. Yang membawa perubahan dalam sikap seorang pria atau wanita, adalah pikiran positif. Jika Anda bersedia menjadikan diri Anda baik di depan orang lain, maka sikap akan menjadi salah satu faktor penentu. Yang terbaik dari sebuah attitude adalah itu bisa membuat anda menjadi pemenang, atau pecundang di saat yang sama. Menurut kebanyakan orang, kombinasi pola pikir yang energik dan positif dapat dikatakan sebagai salah satu sikap terbaik untuk semua orang di luar sana.

Attitude terdiri dari mindset, sudut pandang, keyakinan, dll. Elemen-elemen dasar inilah yang menjadikan anda seperti saat ini. Keterampilan menghadapi tantangan hidup dan terus maju seringkali dibentuk oleh attitude yang anda miliki 

Attitude dalam psikologi sering dinyatakan dalam 3 komponen, kognitif, perilaku dan emosional. (dikenal juga dengan istilah ABC Model)
  • Komponen Emosional, (Affective component) berkaitan dengan berkaitan dengan rangsangan emosional misalnya bereaksi berlebihan pada hal-hal sederhana. Kita harus tetap tenang dalam situasi apapun agar siap menghadapi apapun yang masuk kedalam pikiran kita. 
  • Komponen Perilaku, (Behavioral Component) adalah cara kita bereaksi terhadap hal tertentu dan merupakan salah satu hal utama yang harus kita perhatikan. 
  • Komponen Kognitif, (Cognitive Component) didasarkan pada pengetahuan yang kita peroleh dan kita yakin tentang fakta bahwa kita cukup terdidik mengenai hal tersebut sehingga mampu memberikan informasi yang relevan kepada orang lain. Hal ini membuat kita percaya diri. 

4 Tipe dasar attitude (sikap) dan behavior (perilaku) : 

Ada 4 tipe dasar attitude dan behavior yaitu positif, negatif, netral dan sikken sebagai berikut : 

1. Attitude positif : 

Ini adalah salah satu jenis sikap dalam perilaku organisasi. Orang perlu memahami seberapa besar sikap positif yang diperlukan untuk membuat pekerjaan terus berjalan dan berkembang. Ini berarti mempertahankan pola pikir positif dan mengutamakan manfaat yang lebih besar, apa pun kondisinya. Sikap positif memiliki banyak manfaat yang memengaruhi jenis perilaku lain dengan cara yang baik. Misalnya, seseorang yang memiliki sikap dan pola pikir positif akan mencari hal baik dalam diri orang lain, tidak peduli seberapa buruk mereka berperilaku atau seberapa buruk sikap mereka. Orang ini akan mementingkan manfaat yang lebih besar dan itulah sebabnya ia disebut orang dengan sikap positif.

Orang-orang ini umumnya tidak peduli dengan rintangan dalam hidup. Mereka meningkatkan keterampilan mereka setiap hari dan mengatasi hampir ssemua rintangan yang menghalangi mereka. Cara terbaik untuk mempertahankan sikap positif bagi pemula adalah dengan menghindari penentang dan percaya pada diri mereka sendiri. Orang-orang ini tahu tentang kesalahan mereka sebelumnya dan bukannya malu, mereka bersumpah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika Anda memiliki sikap positif, maka Anda harus memiliki beberapa daftar sikap, berikut diantaranya:

a. Keyakinan pada diri sendiri
Keyakinan adalah sikap yang baik dan salah satu hal mendasar dalam daftar sikap positif. Umumnya, orang-orang dengan pola pikir plus atau positif otomatis akan dihargai. Kepercayaan diperlukan untuk hidup dengan semangat. Melihat banyak hal dengan percaya diri dan mengatakan "Saya siap untuk ini", cukup untuk mencerminkan sikap Anda dalam hidup secara umum dan terhadap attitude itu sendiri. Agar memiliki keyakinan akan berbagai elemen di dunia ini dimulai dengan keyakinan pada diri sendiri.

b. Kebahagiaan
Kebahagiaan adalah jenis sikap berikutnya dalam daftar attitude (sikap) dan behavior (perilaku) positif. Pikiran yang bahagia adalah tempat tinggal bagi semua hal baik untuk diri sendiri. Orang yang percaya diri cukup senang karena mereka tidak khawatir tentang hasil, wawancara, dll dan hal-hal serupa lainnya dalam hidup yang dimaksudkan untuk menguji kita. Lihatlah ke dalam diri Anda sendiri; kamu akan menemukan kebahagiaan.

c. Ketulusan
Seorang individu dengan pola pikir positif sering dianggap tulus. Dia sadar akan pekerjaan yang harus dilakukan, dan mereka tahu bahwa satu-satunya jalan keluar dari situasi adalah melalui ketulusan. Ketulusan adalah salah satu sifat yang tak boleh anda lepaskan atau kompromikan.

d. Kegigihan 
Tekad atau kegigihan adalah salah satu poin penghargaan utama bagi seseorang dengan sikap positif. kombinasi kerja keras, usaha, dan tekad sangat penting untuk mendapatkan apa  yang Anda inginkan. Seseorang bertekad dan gigih akan menghilangkan semua ketidakmungkinan.

2. Attitude negatif : 

Sikap negatif adalah sesuatu yang harus dihindari setiap orang. Umumnya, orang akan bersikap negatif mengabaikan hal-hal baik dalam hidup dan hanya memikirkan kegagalan. Mereka sering keluar dari situasi sulit dengan melarikan diri. Mereka sering membandingkan diri mereka dengan orang lain dan hanya menemukan hal buruk. Singkatnya, ia justru kebalikan dari orang yang memiliki pola pikir positif. Ada efek buruk yang harus dihadapi seseorang dengan pola pikir negatif.

a. Kemarahan
Seseorang dengan pola pikir negatif sering marah. Terkadang mungkin tanpa alasan. Kemarahan adalah akar penyebab kehancuran diri. Marah di waktu tertentu kadang baik, tapi kemarahan ekstrem hanya mengarah pada kehancuran.

b. Keraguan
Seseorang dapat mempertanyakan dirinya sendiri tetapi dia seharusnya tidak pernah meragukan diri mereka sendiri. Sayangnya, jika Anda memiliki pola pikir negatif, maka Anda akan sering meragukan diri sendiri. Keraguan diri tidak akan menghasilkan kemajuan dan sering kali akan mengarah pada rendah diri.

c. Frustasi
Orang negatif adalah orang yang frustrasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, sikap itu mendefinisikan seseorang. jika Anda frustrasi pasti akan terlihat di wajah Anda dan Anda akan menghadapi kesulitan. Frustrasi tidak akan membantu Anda membangun karier. Ini mengganggu dan akan terus mencegah Anda mengambil langkah positif apa pun.

3. Netral Attitude 
Ini adalah tipe sikap yang umum terjadi. Pola pikir netral. Tidak ada keraguan. Juga tidak ada harapan. Orang cenderung mengabaikan masalah dalam hidup. Mereka menunggu orang lain untuk mengurus masalah mereka. Mereka umumnya memiliki kehidupan yang malas dan sering tidak emosional. Seolah-olah mereka tidak terlalu memikirkan hal lain dan tidak peduli akan hal yang sama. Mereka tidak pernah merasakan kebutuhan untuk mengubah diri mereka sendiri karena mereka dapat hidup dengan apa adanya.

Dia akan merasa sering tidak nyambung dan itulah sebabnya memiliki sikap netral sangat buruk dan harus segera diperbaiki. Namun, seseorang dengan sikap netral akan berubah menuju ke jalur sikap positif. Seringkali, terapi penyesuaian sikap mental bisa merubah orang dengan sikap netral menjadi positif.

4. Sikken attitude
Yang paling berbahaya adalah sikken attitude. Menghancurkan citra positif. Jenis sikap ini lebih merupakan sikap negatif dan sangat merusak. Ini sering mencerminkan negativitas pikiran. Lepaskanlah sikap semacam ini demi perbaikan diri dan orang-orang di sekitar Anda. Ini sulit diperbaiki karena sikapnya mengakar dalam kepribadian seseorang. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin saja sikap ini bisa dirubah.

Attitude (Sikap) akan mendefinisikan Anda atau menghancurkan Anda. Selanjutnya, sikap Anda akan menjadi inspirasi bagi banyak orang di tim Anda. Karena itu, perusahaan mencari orang dengan sikap positif. Orang pada umumnya akan mendekati seseorang dengan getaran positif, karena itu akan memotivasi mereka untuk maju dalam kehidupan. Buruk atau baik, attitude (sikap) seseorang memiliki kekuatan untuk mengubah pikiran dan tentunya perilaku mereka. Jadilah contoh yang baik!






No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...