June 17, 2013

Agar Rambut Tak Rontok Meski Berkerudung :: Okezone.com ::

lifestyle.okezone.com :: RAMBUT yang sering tertutup dengan kerudung atau jilbab tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Keramas rutin setiap hari saja tidak cukup untuk mempertahankan rambut yang sehat. Hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan rambut sehat meskipun berkerudung?

Masalah seputar rambut dan kesehatan kulit kepala yang sering muncul pada wanita berhijab adalah rontok dan berketombe. Padahal berbagai cara sudah dilakukan mulai dari keramas setiap hari, creambath, dan sebagainya. Tapi tetap saja masalah tersebut kerap muncul. Alhasil tak sedikit yang memilih untuk memotong pendek rambutnya guna mengatasi gangguan tersebut.

Menurut dr. Eddy Karta, SpKK, dampak rambut dan kulit kepala yang terlalu lama tertutup kerudung terutama para wanita yang banyak beraktivitas di luar rumah yaitu kulit kepala dan rambut cenderung lebih berminyak dan lembap. Hal ini dipengaruhi juga dari jenis atau bahan kerudung yang dipakai, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Pemakaian kerudung yang berlapis-lapis juga dapat membuat kulit kepala lebih berminyak dan keringat yang berlebihan di kulit kepala dapat memicu munculnya ketombe. Sedangkan mengikat rambut terlalu keras di dalam kerudung dapat membuat rambut mudah patah. Beberapa penyebab kerontokan rambut antara lain:

• Faktor hormonal
• Kekurangan nutrisi
• Ketombe
• Kulit kepala terlalu berminyak
• Terlalu sering menggunakan bahan kimia di rambut
• Adanya penyakit rambut atau kulit kepala lainnya

Penelitian mengungkapkan penggunaan kerudung sesungguhnya tidak membuat rambut lebih rontok. Selama kerudung selalu dalam keadaan bersih dan kulit kepala masih dapat ‘bernapas’. Normalnya helai rambut yang rontok berkisar 20-80 helai per hari, atau di bawah 150 helai per hari.

Bijak Memilih Kerudung

Jilbab atau kerudung memiliki model dan jenis bahan yang bervariasi. Untuk pemakaian sehari-hari dengan tingkat aktivitas yang tinggi sebaiknya hindari pemakaian model jilbab bertumpuk. Pasalnya menggunakan jilbab lebih dari empat lapisan dapat memicu timbulnya keringat di kepala yang dapat berkembang menjadi ketombe.

Untuk aktivitas pada siang hari cukup kenakan jilbab yang terdiri atas dua lapis saja, yakni lapisan tipis sebagai dalaman (ciput) dan jilbab atau kerudung untuk bagian luar. Bagi wanita pekerja, sebaiknya gunakan bahan lebih tebal untuk melindungi kulit kepala dari hembusan AC yang dapat membuat rambut menjadi kering.

Hal yang sering dilupakan para wanita berkerudung adalah tidak memberikan waktu bagi rambut untuk bernapas atau beristirahat. Begitu sampai di rumah, segera lepas jilbab atau kerudung Anda. Lanjutkan dengan melepaskan ikatannya dan menyisir rambut. Beri kesempatan rambut dan kulit kepala untuk bernapas. Namun jika udara sedang terasa panas, Anda boleh juga menjepitnya asal jangan diikat. (ind)

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...