June 4, 2013

Tempo.co.id : Minim Pengalaman? Ini Cara Memperkuat Resume Anda

TEMPO.CO , Jakarta:Bagi Anda yang baru lulus, saat-saat yang menyebalkan adalah ketika menemukan lowongan pekerjaan impian Anda tapi disertakan ‘pengalaman’ sebagai syaratnya. Sebagian orang akan ‘mundur’ dan mencari pekerjaaan lain. Padahal, bisa saja orang tersebut memiliki kemampuan dan keterampilan yang mungkin saja lebih tinggi daripada seseorang yang kaya pengalaman. Anda tak perlu berkecil hati.

Matthew Tarpey, kolomnis di situs The Work Buzz, membagi tips untuk ‘meningkatkan’ nilai resume Anda yang minim pengalaman, seperti dikutip dalam situs The Work Buzz, Jumat, 24 Mei 2013.

1. Magang
Banyak perguruan tinggi dan universitas mengharuskan mahasiswanya untuk menyelesaikan magang sebelum wisuda. Namun, magang bukan hanya untuk pelajar. Beberapa program magang terbuka untuk siapa saja. Magang dijadikan sebagai ‘masa percobaan’ yang akan ‘menaikkan kelas’ Anda menjadi karyawan. Meskipun bekerja magang tidak digaji, magang menawarkan pengalaman yang sangat baik dan kesempatan jaringan. Hal inilah yang akan membuka jalan Anda untuk pekerjaan yang Anda impikan.

2. Sukarelawan
Pengalaman tidak harus datang dari sektor swasta. Dari sektor nirlaba pun bisa. Menjadi sukarelawan di bidang sosial atau pendidikan akan meningkatkan kemampuan Anda berinteraksi dengan banyak orang, selain mengembangkan keterampilan Anda tentunya. Ini juga merupakan kesempatan besar bagi Anda untuk membangun jaringan dengan profesional dan menunjukkan bagaimana Anda akan cocok dengan budaya perusahaan.

3. Terus belajar
Hanya karena Anda telah lulus, bukan berarti Anda sudah selesai belajar. Satu pertanyaan yang sering terlontar kala wawancara kerja adalah tentang bgaimana Anda menghabiskan waktu Anda setelah lulus. Dengan menjawab ‘hanya mencari pekerjaan’ tidak akan membuat Anda menonjol. Sertakan diri Anda dalam seminar atau lokakarya yang sesuai dengan bidang Anda. Selain menambah ilmu dan pengalaman, itu akan menjadi nilai lebih ketika wawancara menghampiri.

4. Memperkuat surat lamaran Anda
Surat lamaran adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan kepada perusahaan tentang diri Anda guna mengukur kebutuhan perusahaan. Pengalaman bertahun-tahun saja tidak cukup untuk membuktikan kepiawaian Anda. Mendeskripsikan pengalaman dan kemampuan secara spesifik akan membuat Anda terlihat unik dan cocok untuk posisi yang sedang dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...