June 5, 2013

Kompasiana.com : Tips jitu memilih mobil bekas

Kompasiana.com : Perjalanan jauh bersama keluarga memang cukup nyaman jika menggunakan kendaraan roda empat sebagai tunggangan. Dibelakang kemudi bundar tanpa terpaan AC alam alias angin alam sekitar, tak terciprat air kubangan jalan saat usai hujan seperti ketika naik sepeda motor, atau kegerahan saat terik matahari menerpa saat tengah hari bolong, banyak hal pasti tentang kenyamanan lain saat menggunakan mobil.

Tapi mobil siapa? Ini yang jadi masalah, tak sedikit cita-cita itu terpendam karena harga mobil yang dibanderol cukup tinggi, harga mobil bekas memang bervariatif dari murah hingga mahal mencapai angka ratusan juta. Semakin baru tahun pembuatan mobil maka semakin tinggi angka pasarannya.

Sebaliknya, semakin tua usia kendaraan maka akan semakin turun harga. Misalnya mobil dengan tahun pembuatan 1980-an, harga yang dibanderol tentu lebih murah bahka tak lebih dari 50 juta, tepatnya ada di kisaran 20 jutaan. Berbeda dengan mobil tua banyak peminat alias kaum penghobi mobil tua seperti Jeep, Wrangler, Wilis, Jimny dan lainya harganya agak lebih mahal sekitar 5 hingga 10 juta.

Untuk Anda yang memang berminat membeli mobil bekas, maka pilihlah dengan lebih cermat, beberapa acuan memilih mobil bekas melalui media masa atau informasi lain seperti media internet boleh Anda lakukan namun ada hal lain yang juga tak bisa Anda tinggalkan saat menentukan pilihan membeli.

Banyak rujukan tentang bagaimana membeli mobil bekas yang baik, berikut adalah tips yang boleh Anda gunakan sebelum membeli mobil bekas, beberapa diantaranya tentu pernah Anda lakukan atau pernah Anda dengar, tapi tak bermaksud untuk menggurui atau lebih pintar, pada tips ini Anda akan lebih menikmati, terpercaya dan mudah diingat meskipun sudah punya referensi aman membeli kendaraan roda empat ini

1. Ketahui Kondisi Fisik

Jika Anda bisa mengetahui kondisi fisik roda empat kondisi bekas ini dengan baik, maka Anda bisa menyimpulkan sendiri dan menilai bahwa poin pertama yang menjadi perhitungan Anda ketika memilih sebelum membeli telah terpenuhi. Tak ada salahnya jika seluruh badan diperiksa dengan teliti termasuk membuka bagasi serta mengintip lapisan body mesin bagian dalam.

Jika lapisan masih bagus atau kokoh di beberapa sudut maka bisa di pastikan kondisi fisik punya nilai plus, apalagi jika usia mobil sudah uzur tetapi kondisi fisik prima, hal ini tentu akan mendapatkan nilai jual lebih tinggi dibanding tipe atau seri serupa namun punya kelemahan pada body keropos.

2. Ketahui Kondisi Mesin

Sebagai saran, jangan terburu-buru untuk menentukan bahwa mesin punya performa cukup baik, beberapa cara untuk menelaah mesih tersebut masih prima adalah menjajalnya langsung. Ini yang perlu Anda perhatikan juga dengan teliti, mulai dari perpindahan perseneling, suara mesin dan getaran mesin, engine mounting, hentakan kopling ketika melaju serta kelistrikan.

Poin terakhir yakni kelistrikan juga tak kalah penting karena beberapa tipe mobil memiliki hubungan ‘mesra’ antara mesin dan kelistrikan. Tak sedikit yang mesin menjadi ngadat karena pengaturan kelistrikan yang tidak sempurna. Untuk itu, sekaligus memeriksa kondisi mesin, ada baiknya juga sekaligus memeriksa kondisi kelistrikan mulai dari lampu rem, lampu utama, AC, kontak engine dan lain sebagainya.

3. Ketahui Keabsahan Berkas Penjualan

Ketika hendak membeli sebuah mobil bekas, maka sebaiknya pilihlah yang memiliki surat menyurat yang sah, baik masa pajak, kesamaan nomor rangka dan mesin hingga faktur jual beli. Sebenarnya cukup hanya berbekal bpkb dan stnk saja jual beli memang sudah bisa dilakukan, tapi jika masa pajak sudah habis maka Anda sebagai pembeli akan mengeluarkan uang kembali untuk mengurus pajak.

Sedangkan faktur jual beli tidak ada maka Anda sebagai pembeli usahakan memintanya, dan jika tidak ada maka Anda berhak memotong total angka pembelian. Mengapa demikian, karena faktur jual beli ini bisa sebagai sarat penjaminan asuransi kendaraan serta catatan kepolisian bahwa kendaraan yang Anda beli memang benar-benar telah dipindah tangankan alias dijual secara sah.

4. Dapatkan Kelebihan atau Kekurangan

Ini biasanya memang agak sulit, ibarat pepatah ‘tak ada pencuri yang mengaku jika dia mencuri’. Tapi ini lain hal, bukan pencuri dan hanya melakukan jual beli mobil bekas. Tapi maksudnya begini, tak ada penjual yang mau mengakui bahwa mobil nya punya kekurangan, sudah pasti para penjual akan menutupi dengan hal-hal positif yang ada dari sebuah mobil tersebut.

Tapi sekedar pertimbangan untuk Anda yang akan memilih sebuah mobil bekas sebagai kendaraan pribadi maka ada baiknya untuk benar-benar mengetahui apa kekurangan dari kendaraan tersebut. Pendekatan nya mungkin bisa dengan begini, jika pembeli sudah merasa pas dengan mobil pilihan maka seberapapun kekurangan kondisi fisik ataupun mesin pasti akan jadi poin untuk diperbaiki setelah dibeli, dan pasti akan dibeli karena sudah suka dan merasa pas. Jangan setelah dibeli tidak juga diberi tahu kekurangannya, jika demikian tentu akan membahayakan pembeli atau pengguna ketika mengendarainya.

5. Pertimbangkan Saran dari Rekan atau Montir Ahli

Ini juga tak bisa Anda hiraukan begitu saja, pasalnya pengalaman yang didapat oleh montir mobil ahli tentu bisa dipertanggung jawabkan. Begitu juga rekan, tak ada yang ingin seorang teman atau saudaranya membeli sebuah kendaraan dengan kualitas yang buruk. Untuk itu, pertimbangkan sugeti yang diberikan saat memilih mobil bekas yang telah Anda pilih sebelumnya.

6. Pertimbangkan Tahun Pembuatan

Ada baiknya saat menentukan pilihan sebelumnya Anda telah menentukan tahun pembuatan sebuah mobil tersebut, karena hal ini akan mempermudah Anda memilih dari sisi desain atau performa mesin sebuah kendaraan. Semakin tua mobil tersebut bisa dipastikan harga mobil yang dibanderolpun lebih murah dibandingkan tahun yang lebih muda.

7. Pertimbangkan Harga Pasaran

Setelah Anda melakukan beberapa hal diatas untuk mempertimbangkan pilihan memilih sebuah mobil bekas, harga adalah poin terakhir sebagai penentu pilihan. Coba pertimbangkan harga pasaran kendaraan tersebut dengan harga jual yang dibanderol sebuah dealer, jika pas dan sesuai dengan pasaran serta kantong maka keputusan akhir ada di tangan Anda. Itulah tips jitu memilih mobil bekas yang bisa Anda gunakan sebagai acuan, agak banyak memang, namun jika ini Anda lakukan dengan perlahan maka tak terasa akan terselesaikan dengan baik. Hasilnya, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatan mobil bekas dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...