June 25, 2013

Jagalah Kesehatan Mata Anda Dari Sekarang!

sehatplus.com :: Tahukah Anda bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ada sekitar 180 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan, dan sekitar 40-45 juta di antaranya buta?

Setidaknya 7 juta orang di dunia menjadi buta setiap tahun. Tragisnya, sebanyak 80% kasus kebutaan dan kehilangan penglihatan yang serius sebenarnya bisa dihindari. Oleh karena itu jangan menganggap enteng kesehatan mata Anda, simak tipsnya berikut ini :



Berhenti merokok

Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan saraf optik.

Kendalikan tekanan darah dan gula darah

Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan bahkan menyebabkan retinopati hipertensif, yaitu kerusakan retina karena tekanan darah yang terlalu kuat. Diabetes adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa. Glukosa darah yang tinggi berkepanjangan juga dapat menyebabkan retinopati diabetik dan komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bila Anda memiliki diabetes, sangat dianjurkan bagi Anda untuk makan makanan yang sehat, memeriksa gula darah secara berkala ke dokter.

Dapatkan nutrisi terbaik untuk mata

Lindungi mata Anda dengan makanan yang kaya akan antioksidan. Selain antioksidan, vitamin A secara khusus juga sangat diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata. Vitamin A mendukung produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata yang sangat sensitif terhadap cahaya dan digunakan untuk melihat dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Lengkapi nutrisi untuk mata Anda dengan NUTRILITE Bilberry with Lutein yang mengandung ekstrak buah bilberry yang kaya antioksidan serta lutein untuk mendukung kesehatan mata Anda. Kandungan utama buah bilberry yang mengandung zat aktif yang disebut anthocyanosides, sejenis pigmen yang menstabilkan kolagen, pembuluh darah dan antioksidan kuat; membuat bilberry ini mampu mengatasi gangguan dan kerusakan pembuluh darah mikro di mata, khususnya pigmen retina sel penerima cahaya. Kemudian kandungan lutein juga merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko katarak dan kerusakan mata akibat faktor usia.

Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Berfokus pada jarak yang tetap dalam waktu lama, seperti menatap layar komputer atau membaca selama berjam-jam adalah salah satu kebiasaan buruk yang berdampak buruk pada mata. Otot-otot mata Anda akan terkunci pada posisi yang tetap sehingga kehilangan fleksibilitas, benda-benda yang sangat dekat atau sangat jauh menjadi terlihat kabur. Ambillah jeda istirahat dan alihkan pandangan Anda pada benda-benda yang jauh untuk membantu mencegah masalah ini.

Kunjungi dokter mata Anda

Kunjungilah dokter mata untuk memantau kesehatan mata Anda sebelum masalahnya timbul. Pemeriksaan rutin bisa dilakukan setiap satu atau dua tahun sekali, lebih sering jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak.

No comments:

Post a Comment

Latest Post

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai?

Bridesmaid: Ekspektasi vs. Realita, Mengapa Terkadang Tidak Sesuai? Pernikahan adalah momen paling berharga dalam kehidupan,  Tetapi terkada...